Featured Post

Pencernaan Lebih Sehat, Inilah Cara Efektif untuk Mengatasi Sembelit!

cara-mengatasi-sembelit

Tikeltikel.com - Cara mengatasi sembelit banyak dicari saat mengalami susah buang air besar. Sembelit atau konstipasi dapat terjadi kepada siapa saja. Tentu saja kondisi ini sangat tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umumnya sembelit ditandai dengan frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu, disertai dengan perut yang kembung dan tekstur kotoran yang keras. Nafsu makan pun cenderung berkurang karena perut yang terasa penuh. Kondisi seperti ini dapat berkembang dan bertambah parah menjadi sembelit kronis serta memicu wasir. 

Kenali Penyebab Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) adalah kondisi yang cukup umum dialami banyak orang. Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya sembelit, baik itu faktor gaya hidup maupun kondisi medis. 

Pola makan yang kurang serat merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Kurangnya asupan serat membuat feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan sembelit karena kurangnya cairan dalam tubuh membuat feses menjadi kering dan sulit bergerak melalui usus.

Baca juga:

Selain faktor makanan dan minuman, gaya hidup yang kurang aktif juga dapat meningkatkan risiko sembelit. Kurang olahraga membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat. Stres juga bisa menjadi pemicu sembelit. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat mengganggu fungsi pencernaan. 

Beberapa kondisi medis seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit tiroid, dan diabetes juga dapat menyebabkan sembelit. Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat penghilang rasa sakit (analgesik) dan obat penurun tekanan darah juga bisa menjadi penyebab sembelit.

Cara Efektif untuk Mengatasi Sembelit 

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, berikut ini cara mengatasi sembelit dengan efektif!

Minum Banyak Air

Kurangnya cairan yang diminum menjadi salah satu penyebab umum dari masalah konstipasi. Jika asupan cairan kurang ke dalam tubuh, maka akan membuat saluran cerna tidak memperoleh air yang cukup untuk melunakkan feses. Jadi, jika mulai sembelit maka hal pertama yang dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Tidak hanya cukup dengan minum, mengatasi konstipasi atau sembelit juga dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. Asupan serat dapat merangsang pergerakan usus. Serat yang dikonsumsi harus seimbang baik berupa serat tidak larut atau serat yang larut dalam air.

Contoh makanan tinggi serat tidak larut air adalah roti gandum, sereal, dan pasta. Sedangkan makanan tinggi serat larut air adalah buah-buahan dan sayuran. Salah satu buah yang sering direkomendasikan untuk sembelit adalah pepaya.

Yoghurt

Minum yoghurt pun menjadi cara efektif dan nyaman untuk mengatasi konstipasi. Kandungan probiotik yang ada dalam produk olahan susu ini dapat meningkatkan pergerakan usus dan juga membuat usus lebih sehat. Bakteri baik yang ada dalam yoghurt dapat membantu melunakkan feses sehingga buang air besar lebih mudah.

Konsumsi Brokoli

Cara mengatasi sembelit yang efektif selanjutnya adalah dengan konsumsi brokoli. Kandungan sulforafan dapat melindungi usus serta melancarkan pencernaan. Kandungan ini dapat mencegah perkembangan mikroorganisme yang dapat mengganggu pencernaan dalam usus. 

Minum Obat Pencahar

Cara untuk atasi sembelit yang cepat dapat dengan meminum obat pencahar. Hal ini menjadi salah satu cara tercepat dalam mengobati konstipasi. Biasanya obat pencahar mengandung bisacodyl yang dapat menstimulasi pergerakan usus besar untuk mempermudah BAB.

Anda pun dapat memilih obat yang memiliki kandungan laktulosa yang tidak hanya dapat merangsang pergerakan usus, namun juga dapat melunakan feses. Cara ini sebaiknya tidak sering dilakukan atau bisa borkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis.

Jangan Menunda ke Toilet

Untuk dapat meringankan gejala sembelit yang dialami alangkah lebih baik untuk tidak menunda BAB. Apabila dirasa perut sudah memberikan sinyal untuk segera mengeluarkan feses, maka harus langsung dilakukan. Menunda buang air mengakibatkan rasa tidak nyaman dan feses menjadi semakin keras.

Menaikkan Kaki Saat BAB

Cara mengatasi sembelit yang satu ini dapat dilakukan jika Anda melakukan BAB dengan posisi duduk. Caranya adalah dengan menaikkan kaki ke bangku kecil yang diletakkan di depan kloset. Pastikan posisi lutut berada di atas pinggul.

Langkah ini dapat merangsang kontraksi pergerakan usus dan lebih mempermudah pengeluaran kotoran. Anda dapat mencoba langkah ini dan siapa tahu langkah ini menjadi cara yang ampuh untuk meringankan gejala dan membantu mengatasi konstipasi.

Jika sembelit yang dialami sudah bertambah parah dan tidak dapat ditangani oleh sendiri, alangkah lebih baik untuk segera konsultasi ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Itulah cara mengatasi sembelit yang dapat dilakukan dengan cepat sebagai penanganan sementara yang dapat dilakukan sendiri dirumah. Asupan minuman dan makanan pun harus menjadi perhatian agar kinerja saluran cerna lebih lancar.


Tidak ada komentar untuk " Pencernaan Lebih Sehat, Inilah Cara Efektif untuk Mengatasi Sembelit!"