Featured Post

Ciri Khas Tahu Sumedang, Unik dan Lezat!

 

tahu

Tikel-tikel.com - Makanan yang diingat saat berkunjung ke kota Sumedang tentunya tahu Sumedang. Olahan kacang kedelai ini menjadi salah satu jajanan khas Sumedang yang biasanya disajikan selagi hangat. Tekstur dan pengemasan menjadi ciri khas tahu Sumedang yang berbeda dari jenis tahu lainnya.

Pada awalnya tahu ini disajikan berupa tahu putih rebusan. Namun karena kurang praktis maka Ong Bung Keng yang merupakan pelopor dibuatnya tahu Sumedang, mengolahnya dengan cara digoreng agar lebih tahan lama dan praktis untuk dibawa. Apa saja keunikan dan ciri khas oleh-oleh Sumedang ini? Berikut ulasannya!.

Bentuk, Warna dan Tekstur yang Khas

Camilan yang kerap menarik wisatawan untuk membeli ini sudah terkenal dengan teksturnya yang kriuk di luar dan lembut di bagian dalam. Uniknya tekstur tersebut dapat bertahan terhadap suhu, jadi cocok untuk dijadikan buah tangan. Bentuknya persegi dengan warna kecoklatan berbeda dengan tahu yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga:

Kemasan Ramah Lingkungan

Kerap menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Sumedang, kemasan yang digunakan berbeda dan cukup unik. Tahu sumedang biasanya dikemas dengan menggunakan keranjang berbahan dasar bambu yang diserut tipis panjang. Bahan yang digunakan tentunya berasal dari alam dan termasuk ramah lingkungan. Keren, ya!.

Cita Rasa Khas Memanjakan Lidah

Tahu sumedang memiliki rasa yang berbeda dari tahu yang biasa dijual di warung-warung untuk dikonsumsi sehari-hari. Rasanya asin gurih dan cocok di santap menjadi lauk pauk atau hanya dengan sambal saja. Faktanya pembuatan tahu jenis ini dianggap tidak bisa dilakukan di tempat lain. Rasanya dinilai akan berbeda. Salah satunya karena faktor air tanah di Sumedang yang menjadi bahan utama penggilingan kedelai.

Tahu Sumedang tidak boleh kopong tapi tetap harus ada isi di bagian dalamnya. Ukuran yang tidak terlalu besar dengan bentuk kotak menjadikan tahu ini identik sebagai camilan atau kudapan bukan sebagai makanan berat. Tapi Anda juga bisa mengolahnya menjadi lauk pauk yang dinikmati bersama nasi hangat.

Itulah ciri khas tahu Sumedang yang menjadikan kudapan yang satu ini menjadi makanan yang berbeda dengan kudapan lainnya. Jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas ini saat berkunjung ke kota Sumedang!.


Salam,



Tidak ada komentar untuk "Ciri Khas Tahu Sumedang, Unik dan Lezat!"